Penggunaan Split, Freeze Panes dan Pivot Table

Penggunaan SPLIT, FREEZE PANES DAN PIVOT TABLE


1. Freeze Panes


Apa sih fungsi freeze panes excel itu?

Fungsi Freeze Panes adalah salah satu fitur yang digunakan untuk membekukan baris dan atau kolom tertentu pada sebuah worksheet atau lembar kerja excel, sehingga saat menggeser posisi sel-sel pada worksheet excel maka posisi baris dan atau kolom tersebut tidak ikut bergerak dan tetap dapat terlihat.


Langkah-Langkah :
a. Pastikan anda sudah memiliki table yang akan di proses atau jika belum anda membuatnya terlebih dulu.
b. Letakkan kursor pada kolom pertama dibawah komponen tabel atau bisa diletakkan sesuai keinginan
c. Klik view pada menu bar
d. Pilih Freeze panes
 Maka secara otomatis ketika dijalannya judul dan komponen akan tetap tanpa ikut bergerak
    

2. Split

Apa sih fungsi Split excel itu?

Fungsi Split hampir sama dengan Freeze Panes yaitu digunakan untuk membekukan baris dan atau kolom tertentu pada sebuah worksheet atau lembar kerja excel, sehingga saat menggeser posisi sel-sel pada worksheet excel maka posisi baris dan atau kolom tersebut tidak ikut bergerak dan tetap dapat terlihat, hanya bedanya Split menampilkan kembali judul dan komponen pada tabel.


Langkah-Langkah :
a. Pastikan anda sudah memiliki table yang akan di proses atau jika belum anda membuatnya terlebih dulu.
b. Letakkan kursor pada kolom pertama dibawah komponen tabel atau bisa diletakkan sesuai keinginan
c. Klik view pada menu bar
d. Pilih Split
 Maka secara otomatis ketika dijalannya judul dan komponen akan tetap tanpa ikut bergerak

3. Pivot Table

Apa sih fungsi Pivot Table excel itu?

PivotTable adalah alat yang ampuh untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data.

Langkah-Langkah :
a. Pastikan anda sudah memiliki table yang akan di proses atau jika belum anda membuatnya terlebih dulu.
b. Blok Semua Kolom
c. Klik Insert pada menu bar
d. Pilih Pivot Table

e. Muncul seperti gambar dibawah, ketika anda sudah memblok semua tabel sebelumnya maka table/range akan terisi otomatis.



f.  Lalu pilih Exisiting Worksheet
g. Mengisi Location dengan meletakkan kursor dibawah table


h. Klik Ok
i. Setelah selesai maka akan mucul seperti gambar dibawah tetapi sebelumnya harus mencentang terlebih dahulu komponen pada tabel apa saja yang akan di tampilkan.

j. Selesai.


 Demikianlah cara penggunaan Split,Freeze Panes dan Pivot Table pada excel Semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Terimakasih :)

Referensi :
https://www.kelasexcel.id/
https://support.office.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Setting MikroTik